Tentang Kami

KORANDO – Koran Anak Indonesia

Jangan pernah meragukan keberhasilan. Sekelompok kecil orang yang bertekad mengubah dunia. Karena hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya. (Margaret Mead)

Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit

https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/11/img00022-20101125-1735.jpgMembaca koran merupakan investasi untuk masa depan yang paling menjanjikan bagi perkembangan mental, intelektual  dan spiritual seorang anak. Selain sebagai mendapatkan berbagai pengetahuan dan wawasan, membaca juga berfungsi sebagai salah satu sarana komunikasi dan pembelajaran hidup. Semakin sering anak berkomunikasi dengan membaca koran, semakin banyak wawasan dan pengetahuan yang didapatnya. Dengan berkomunikasi sangat penting bagi pengembangan kepribadian manusia. Di tengah keberhasilan pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satu masalah yang masih terlihat adalah mengenai minat baca anak. Untuk itu dengan niat tulus KORANDO – Koran Anak Indonesia kembali akan hadir dalam media online. Dalam aktu dekat kami akan berupaya akan menjadi media cetak yang langsung dapat hadir ditengah keluarga di rumah. Selamatkan minat baca anak Indonesia dengan merekomendasikan Korando pada anak dan remaja anda. Pupuk minat baca anak Indonesia dengan menjadikan Korando sebagai rujukan anak Indonesia yang cerdas, berbudaya dan bermoral. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak.

Usia anak adalah periode yang sangat menentukan kualitas seorang manusia dewasa nantinya. Saat ini masih terdapat perbedaan dalam penentuan usia anak. Menurut UU no 20 tahun 2002 tentang Perlindungan anak dan WHO yang dikatakan masuk usia anak adalah sebelum usia 18 tahun dan yang belum menikah. American Academic of Pediatric tahun 1998 memberikan rekomendasi yang lain tentang batasan usia anak yaitu mulai dari fetus (janin) hingga usia 21 tahun. Batas usia anak tersebut ditentukan berdasarkan pertumbuhan fisik dan psikososial, perkembangan anak, dan karakteristik kesehatannya. Usia anak sekolah dibagi dalam usia prasekolah, usia sekolah, remaja, awal usia dewasa hingga mencapai tahap proses perkembangan sudah lengkap.

Anak usia sekolah baik tingkat pra sekolah, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah menengah Atas adalah suatu masa usia anak yang sangat berbeda dengan usia dewasa. Di dalam periode ini didapatkan banyak permasalahan kesehatan yang sangat menentukan kualitas anak di kemudian hari. Masalah kesehatan tersebut meliputi kesehatan umum, gangguan perkembangan, gangguan perilaku dan gangguan belajar. Permasalahan kesehatan tersebut pada umumnya akan menghambat pencapaian prestasi pada peserta didik di sekolah. Sayangnya permasalahan tersebut kurang begitu diperhatikan baik oleh orang tua atau para klinisi serta profesional kesehatan lainnya. Pada umumnya mereka masih banyak memprioritaskan kesehatan anak balita.

Penelitian Progress in International Reading Literacy Study (PIRLS), yaitu studi internasional dalam bidang membaca pada anak-anak di seluruh dunia yg disponsori oleh The International Association for the Evaluation Achievement. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa rata-rata anak Indonesia berada pada urutan keempat dari bawah dari 45 negara di dunia.

Secara umum di Indonesia konsumsi satu surat kabar untuk empat puluh lima orang (1:45) sedangkan di negara tetangga seperti Srilangka sudah 1:38 dan Filipina 1:30. Padahal, idealnya satu surat kabar dibaca oleh sepuluh orang atau 1:10. Beberapa ahli ada yang menyatakan bahwa saat ini anak Indonesia baru sampai pada gemar mendengar atau melihat dan belum sampai pada taraf gemar membaca. Kebiasaan membaca pada anak akan semakin memprihatinkan dengan datangnya media elektronik yang semakin menjamur.

Serbuan media elektronik tersebut di antaranya adalah televisi, play station, handphone, internet, dan permainan elektronik lainnya. Meski media informasi dapat diberikan melalui internet dan handphone tetapi kualitas dan kuantitias informasi berbeda. Berbagai media elektronik tersebut cenderung lebih menarik dibandingkan dengan membaca koran atau mebaca buku. Apalagi dengan alat elektronik tersebut anak dan remaja Indonesia pasti akan lebih tertarik dengan fasilitas game ataupun musik dibandingkan dengan asupan informasi. Media elektronik yang satu ini mempunyai andil yang tidak kecil dalam menghambat perkembangan media cetak, terutama koran dan buku. Meskipun demikian, koran hingga saat ini masih tak bisa dengan mudah tergantikan. Sayangnya, saat ini sangat terbatas sekali media surat kabar untuk mememenuhi kebutuhan minat baca anak dan remaja Indonesia.

“Menulislah agar dipahami, berbicaralah agar didengar, dan membacalah agar menjadi besar.”

Semua ide, hipotesa, konsep, gambar, video, dan berita yang ditampilkan di situs ini adalah milik  sumber masing-masing pemilik. Korando tidak memegang hak cipta secara khusus.  Korando hanya menganggap bahwa penulisan yang dilakukan adalah sebuah karya yang dibuat berdasarkan gabungan informasi, berita, opini, pendapat dan beberapa referensi sangat penting untuk disampaikan pada anak dan remaja Indonesia yang haus akan informasi serta untuk meningkatkan minat bacanya. Semua artikel dan penulisan telah dikumpulkan dari berbagai sumber publik, berbagai situs dan berbagai referensi lainnya. Beberapa referensi kadang ada yang tidak jelas sumbernya dan sulit diketahui sumbernya atau kadang diberi label anonym.  Mengingat berbagai karakter tersebut berada dalam domain publik dan milik publik, maka jika ada pihak atau  seorang yang keberatan untuk menampilkan gambar apapun dan berita, mohon hubungi ke redaksi kami di alamat email  judarwanto@gmail.com. Kalau memang benar hal itu adalah hak miliknya dan tidak disetujui untuk ditampilkan dalam situs ini kami akan segera menghapusnya. Bila tidak ada keberatan di redaksi KORANDO – Koran Anak Indonesia) , kami menganggap pihak tersebut telah menyetujuinya. Karena kami kesulitan meminta ijin satu persatu kepada pemilik hak ciptanya.

Dengan semakin majunya teknologi dan globalisasi dunia Koran Anak Indonesia juga telah melakukan upaya Go Internasional. Salah satunya dengan mengembangkan bacaan online berbahasa Inggris dengan nama “NEWSPAPER FOR KIDS”. Situs online yang ditujukan bagi anak-anak di seluruh dunia tersebut bukan versi bahasa Inggris Korando. Tetapi berupaya ikut peduli dan mencerdaskan seluruh anak di dunia dengan memberikan informasi, edukasi juga mengenalkan kehebatan Indonesia di dunia internasional.  Baca juga Koran Anak Indonesia Go Internasional :

NEWSPAPER FOR KIDS

Korando bukan sekedar informasi online biasa tetapi akan lebih memfokuskan dalam menciptakan sumber inspirasi bagi masyarakat Indonesia khususnya anak dan remaja Indonesia dalam memajukan budaya dan martabat bangsa ini. Korando berupaya menyejukkan dan memajukan Indonesia dengan opini positif dan membangun.  Korando tidak ingin terjebak dengan media informasi lain yang selalu melepaskan kritik tanpa memberi solusi dan hanya memperkeruh kondisi bangsaini menjadi lebih buruk demi kepentingan kelompok dan individu.  Korando akan berpedoman pada petuah orang bijak bahwa “Lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan”.  Korando juga akan berusaha membangun motivasi anak Indonesia untuk mengingat petuah bijak lainnya “Menulislah agar dipahami, berbicaralah agar didengar, dan membacalah agar menjadi besar.”  Korando tidak akan terpengaruh demi kepentingan individu atau kelompok tertentu.  Korando hanya mengutamakan kepentingan demi kemajuan bangsa ini agar berbudaya, cerdas dan bermoral.

Usia anak adalah periode yang sangat menentukan kualitas seorang manusia dewasa nantinya.

Kami maklum bahwa upaya dan niat mulia Korindo  masih disertai adanya beberapa pihak yang tidak senang atau kurang mendukung pemberian informasi pada anak dan remaja Indonesia. Bila itu terjadi, kami mohon maaaf dan mohon menyampaikan kritik membangun bukan dengan cara mendiskriditkan. Marilah bersama membangun dan menciptakan media informasi yang berkualitas dan bermanfaat demi pengetahuan dan wawasan anak dan remaja  Indonesia.

Statistik Korando

  • Urutan Pertama Top Blog WordPress Indonesia, November 2011
  • Jumlah total kunjungan 1.915.767 (update 20 November 2011)
  • Terpadat : 88.996 kunjungan, perhari  saat 20 November 2011
  • Alexa Traffic Rank : ranked #1, Dunia 134,082                                  , Indonesia : 996  (update 9 Desember 2011)                    
Alexa Traffic Rank
World : 134,082 Alexa Traffic Rank The site with the highest combination of visitors and pageviews is ranked #1.
Indonesia :    996
Rank in Indonesia. Traffic Rank in Country A rough estimate of mediaanakindonesia.wordpress.com’s popularity in a specific country. The rank by country is calculated using a combination of average daily visitors to mediaanakindonesia.wordpress.com and pageviews on mediaanakindonesia.wordpress.com from users from that country

Mediaanakindonesia.wordpress.com has a three-month global Alexa traffic rank of 134,343.  The site has a relatively good traffic rank in the cities of Depok (#668) and Jakarta (#957).  Compared with all internet users, the site’s audience tends to be male; they are also disproportionately users earning less than $30,000 who have more children and have no postgraduate education.  The fraction of visits to Mediaanakindonesia.wordpress.com referred by search engines is roughly 42%.  The time spent in a typical visit to it is roughly two minutes, with 80 seconds spent on each pageview. Top Blog wordpress in 4 January 2014.

Jangan pernah meragukan keberhasilan. Sekelompok kecil orang yang bertekad mengubah dunia. Karena hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya. (Margaret Mead)

Menulislah agar dipahami, berbicaralah agar didengar, dan membacalah agar menjadi besar.

Harus dimaklumi bahwa upaya dan niat mulia Korando masih disertai adanya beberapa pihak yang tidak senang atau kurang mendukung pemberian informasi pada anak dan remaja Indonesia. Bila itu terjadi, kami mohon maaaf dan mohon menyampaikan kritik membangun bukan dengan cara mendiskriditkan. Marilah bersama membangun dan menciptakan media informasi yang berkualitas dan bermanfaat demi pengetahuan dan wawasan anak dan remaja Indonesia.

Jangan pernah meragukan keberhasilan sekelompok kecil orang yang bertekad mengubah dunia. Karena hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya. (Margaret Mead)

Sumber Inspirasi Korando Yang Dibanggakan : Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.

Meski bara merah itu melintas di lipatan otakmu, meski kelelahan melanda jiwamu, meski emosi memanasi kulit kepalamu. Jangan sekalipun kekerasan itu kau hunjamkan pada anak yang tak berdaya. Seringkali kekerasan pada anak disertai emosi berlindung atas nama mendidik disiplin anak SAVE OUR CHILDREN (dr Widodo Judarwanto pediatrician)

Korando, Media Informasi Online Dari dan Untuk Anak dan Remaja Indonesia “Menulislah agar dipahami, berbicaralah agar didengar, dan membacalah agar menjadi besar.” Korando berupaya menjadi Media Informasi Positif dan membangun informasi berbudaya dan beretika : “Lebih baik menyalakan lilin, ketimbang terus mengutuk kegelapan” Baca Juga Koran Anak Indonesia Go Internasional : NEWSPAPER FOR KIDS

Sumber Inspirasi Korando Yang Dibanggakan : Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.

www.korananakindonesia.com

https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/12/img00055-20101205-1659.jpg?w=291&h=218Supported by : KORANDO – Koran Anak Indonesia. Yudhasmara Foundation. “Pupuk Minat baca Anak sejak Dini. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA” Editor in Chief: Audi Yudhasmara. Co-editor: Sandiaz Yudhasmara. Foundation Director : Dr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor: Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin. Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi, Vavan Prayudha, Editor in Chief : Audi Yudhasmara. Reporter : Audi Yudhasmara. Sandiaz Yudhasmara, Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin. Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General Support : Prabuningrat, Sis Wahyudi.. Address: Menteng Square AR 20 Jln Matraman 30 Jakarta Pusat. Phone: 021-29614252 – 08131592-2012 – 08131592-2013 Mobil Phone: 089690509906 email : judarwanto@gmail.com http://korananakindonesia.com/ Komunikasi facebook: Koran Anak Indonesia

Copyright 2016. Koran Anak Indonesia Network Information Education Network. All rights reserved
Iklan

29 responses to “Tentang Kami

  1. jadi pengen gabung di koran anak indonesia,tapi gk tw gimana caranya…

    semangat terus untuk KAI selamatkan anak indonesia dengan bacaan2 yg bermutu…

    Suka

  2. sangat menarik aktivitas anak-anak kita ini, lanjut dan tingkatkan serta kembangkan terus, bagimana cara agar anak lain yang mempunyai minat dan bakat dalam media ini bisa menyalurkannya di media ini, adakah forum untuk ini, terima kasih.

    Suka

  3. Sy dukung niatmulianya. Ga bnyk org peduli dg media anak yg bermutu dan sehat saat ini. Saran saya, utk artikel tertentu yg mengandung muatan dewasa hendaknya jgn lsg ngelink ke sumbernya. Sebaiknya diedit agar tdk terlalu vulgar dan disesuaikan dg konsumsi Anak2. Cthny brita kriminal ade sara. Kl terlalu detil justru bs menginspirasi anak yg membacanya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s