Inilah Alasan Mengapa Maroef Sjamsoeddin Mundur dari CEO PT Freeport Indonesia


Paska kasus “Papa Minta Saham’ tampaknya menyisakan dampak beruntun. Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin mundur dari jabatannya. Namun belum diketahui alasan mundurnya Maroef dari jabatan tersebut. 

Juru Bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama, tidak mengetahui alasan mundurnya Maroef dari jabatan tersebut. Maroef, yang juga mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini ditunjuk sebagai Presdir Freeport pada Januari 2015 silam. 

Posisi Presdir sementara dijabat oleh Robert Schroder.

Demikian memo dari CEO Freeport McMoRan, Richard Adkerson kepada pegawai Freeport Indonesia, Senin (18/1/2016). freeport sedang dalam proses mencari Presiden Direktur baru ‎PTFI. Sebagai Presdir interim, Robert Schroeder yang saat ini menjabat Direktur dan Executive Vice-President, akan memegang tanggung jawab manajemen dari Pak Maroef. Semua pejabat yang sebelumnya melapor kepada Presiden Direktur, sekarang akan melapor ke Robert Schroeder. Richard mengatakan, hubungan PTFI dengan pemerintah Indonesia dalam pertemuan rapat serta interaksi lain, akan dilakuykan oleh Clementino Lamury, selaku Head of External Affairs. Robert dan Clementino akan berkoordinasi dengan Richard.

Freeport saat ini tengah menghadapi tantangan dengan turunnya harga komoditas. Richard mengatakan, pihaknya akan terus kooperatif dengan pemerintah Indonesia, untuk memastikan ekspor konsentrat tembaga bisa terus dilakukan. Sehingga usaha Freeport di Papua bisa tetap berlanjut. Kemudian kontrak kerja Freeport bisa diperpanjang hingga di atas 2021. Serta mengembangkan smelter sebagai bentuk komitmen terhadap pemerintah Indonesia. “Kami percaya akan ada pemulihan harga tembaga dalam jangka panjang. Kami sangat positif dengan masa depan bisnis di Indonesia. Tambang Grasberg merupakan aset besar dalam industri tambang dunia,” kata Richard.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s