Inilah Transkrip Lengkap 120 Menit Setyo Novanto, Indonesia Akan Heboh


image

Kasus dugaan pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia bakal semakin terang. Rencananya, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan memperdengarkan secara terbukti bukti rekaman lengkap pembicaraan tentang kasus itu, yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha minyak M. Reza Chalid. Wakil Ketua MKD DPR Junimart Girsang mengaku pihaknya telah menerima rekaman lengkap percakapan tersebut yang berdurasi sekitar 120 menit. Ia pun menjanjikan akan membuka semua bukti dan data kasus tersebut dalam persidangan MKD. “Sudah ada nih (rekamannya). Kalau isinya apa, nantilah,” kata anggota DPR dari Partai PDI-Perjuangan ini di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (27/11).

Di media sosial banyak bermunculan transkrip rekaman utuh yang ditengarai antara Ketua DPR RI Setya Novanto dengan pengusaha Riza Chalid. Isi rekaman itu salah satunya adalah percakapan antara antara Riza dan Setya yang menyatakan kontrak perpanjangan PT Freeport Indonesia tidak bakal dihalangi lagi oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. “Kalau dia sampai nekat nyetop, jatuh dia,” tulis salah satu infografis itu menirukan petikan rekaman yang menghebohkan itu.

Seperti yang dilansir Tempo, Said Didu, staf khusus Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, yang diminta Menteri Energi Sudirman Said untuk menyerahkan rekaman ke Mahkamah Kehormatan Dewan, menolak mengomentari transkrip yang beredar tersebut. Ia mengaku baru mengetahui adanya infografik ini dari pemberitaan media. “Bisa saja itu ngarangseperti orang-orang ngarang tulisan diKompasiana,” ujar Said merujuk pada kumpulan blog populer milik salah perusahaan media. Tetapi di sisi lain Said hanya sedikit memberikan komentar yang membuat masyarakat Indonesia penasaran. “Intinya agar siap-siap terperangah jika rekaman lengkap dibuka kepada publik,” kata Said.

PT Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc.. PT Freeport Indonesia menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak. Beroperasi di daerah dataran tinggi di kabupaten Mimika,provinsi Papua, Indonesia. Freeport Indonesia memasarkan konsentrat yang mengandung tembaga, emas dan perak ke seluruh penjuru dunia.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s