Dua Putusan Menkumham Tentang Parpol Pendukung Pemerintah Dibatalkan MA


Bukan hanya memenangkan kubu Abu Rizal Bakrie, Mahkamah Agung (MA) juga membatalkan dan mencabut SK Menkum HAM tentang pengurus PPP kubu Romahurmuziy (Romi). Tampaknya kebenaran sudah mulai terkuak. Keputusan Menkumham yang sangat kontroversial dan dilatar belakang kepentingan kelompok yang saat itu ramai diperbincangkan masyarakat tampaknya semakin jelas terbukti. Tetapi

Dalam pertimbangannya, Menkum HAM dinilai MA tidak cermat dalam membuat SK. MA berpendapat bahwa tindakan hukum Tergugat menerbitkan objek sengketa bertentangan dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik, terutama asas kecermatan dan kehati hatian karena seharusnya Tergugat pada waktu mengambil keputusan terlebih dahulu mencari gambaran yang jelas mengenai fakta yang relevan dan semua kepentingan pihak ketiga yang tersangkut.

Vonis ini dijatuhkan oleh ketua majelis kasasi Dr Imam Soebechi dengan anggota Dr Supandi dan Dr Irfan Fachrudin. SK yang dibatalkan adalah Surat Keputusan Menkum HAM Nomor M.HH-07.AH.11.01 Tahun 2014 tanggal 28 Oktober 2014 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan. Dalam sengketa a quo terbukti masih terdapat perselisihan keabsahan perubahan susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan, oleh karena itu seharusnya Tergugat tidak sampai pada penerbitan keputusan objek sengketa, pendapat majelis dengan suara bulat pada 20 Oktober 2015.

MA juga menegaskan bahwa sengketa ini merupakan sengketa tata usaha negara sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara, baik darisegi objek dan subjek gugatan maupun pokok permasalahan yangdipersoalkan. Dengan demikian, peradilan tata usaha negara berwenang untuk memeriksa, memutus dan menyelesaikan sengketa ini.

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s