Video dan Foto Terkini Tragedi Haji di Mina


image

Kembali musibah maut menimpa para syuhada di tanah suci. Ketika ratusan jemaah haji meninggal terinjak-injak di Jalan Arab 204 saat menuju ke lokasi lempar jumroh di Mina.  Jalan Arab 204 itu berada di sebelah kiri jalan King Fahd dan jaraknya sekitar 500 meter. Sehingga dipastikan saat kejadian jemaah Indonesia tak berada di jalan itu.

Hingga pukul 05.00 WIB sebanyak 800 emaah haji dilaporkan tewas dan lebih dari 839 orang luka-luka karena terinjak-injak di Jalan Arab 204, Mina. Mereka terinjak-injak saat menuju lokasi lempar jumroh.

Kejadian terinjak-injak ini terjadi sekitar pukul 07.00 waktu Arab Saudi. Data terakhir dari pihak Kementerian Pertahanan Sipil Arab Saudi, korban jiwa berjumlah 310 orang dan kebanyakan berasal dari Yaman. Hingga saat ini, belum ada WNI yang dilaporkan menjadi korban.

Diperkirakan 400 orang tewas akibat terinjak-injak di Jalan Arab 204 saat mereka menuju ke lokasi lempar jumroh. Sebanyak 4000 tim penyelamat berjibaku menyelamatkan korban jiwa, dan 220 ambulan dioperasikan untuk proses evakuasi.  Kejadian naas itu terjadi pada pukul 07.00 pagi waktu Arab Saudi. Para jemaah berdesak-desakan dan saling menginjak-injak. Akibatnya, para jemaah terluka karena terinjak-injak dan sebagian tewas.

image

Penyebab

Penyebab utama musibah itu diduga karena ribuan jamaah haji saling dorong mendorong.
Saat para jemaah berjalan menuju tempat melempar jumroh, tiba-tiba jemaah di bagian depan berhenti. Jemaah bagian belakang yang sudah tak sabar ingin melempar jumroh lalu mendorong-dorong.

Berdasarkan hasil temuan sementara, para jemaah sempat terlibat bentrok karena saling berdesakan menuju tempat melempar jumroh Aqabah. Menurut  akun Facebook Direktorat Pertahaman Sipil Arab Saudi Kamis (24/9/2015) melansir bahwa “Volume jemaah yang akan melakukan lempar jumroh Aqabah sangat tinggi dan saling bertemu di jalan menuju Jamarat, tepatnya di persimpangan Jalan 204 dan Jalan 223 di Mina. Jemaah saling tumpang tindih,”.

Jumlah jemaah sangat banyak kala itu, mencapai ratusan ribu. Awalnya, para jemaah terlibat saling dorong dan kemudian berlanjut ke pertengkaran yang berujung pada jatuhnya para korban jiwa. “Sehingga, terjadi pertengkaran dan saling injak antara para jemaah dan sebagian besar dari mereka terjatuh. Pihak Saudi Red Crescent langsung mengambil inisiatif tindakan untuk mengendalikan situasi untuk mencegah bentrok semakin berlanjut dan menyetop arus para jemaah menuju Jamarat,” ungkap akun facebook Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi langsung mengevakuasi ratusan korban insiden Mina. Rumah sakit di Mina sudah penuh, sehingga para korban langsung dilarikan ke RS yang berada di kota Makkah. Para korban langsung dilarikan ke Mina Emergency Hospital. Namun, karena RS tersebut penuh, sehingga korban luka dan tewas dibawa ke beberapa RS yang ada di kota Makkah.

Hingga saat ini, proses evakuasi masih berlangsung. Puluhan ambulance lalu-lalang di Jalan 204, tempat insiden terjadi.

image

image

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s