Daftar Lengkap Tragedi Haji Mina Dari Tahun ke Tahun


image

image
image

image

image

1. September Tahun 2015. Kembali musibah maut menimpa para syuhada di tanah suci. Ketika ratusan jemaah haji meninggal terinjak-injak di Jalan Arab 204 saat menuju ke lokasi lempar jumroh di Mina.  Sekitar 800 jemaah haji dilaporkan tewas dan lebih dari 839 orang luka-luka karena terinjak-injak di Jalan Arab 204, Mina. Mereka terinjak-injak saat menuju lokasi lempar jumroh.

2. Tahun 2006, lebih dari 360 jemaah meninggal akibat terinjak-injak saat sedang menjalani ritual lempar jumroh di Mina, yang terletak sekitar lima kilometer dari Makkah.

3. Tahun 2004, sebanyak 244 jamaah meninggal ketika para jemaah berdesak-desakkan di Mina. Ratusan orang lainnya luka-luka dalam insiden di hari terakhir prosesi haji tersebut.

4. Tahun 2001, aksi saling dorong dan desak-desakkan di Mina menyebabkan 35 jemaah haji meninggal akibat terinjak-injak massa. Insiden fatal tersebut terjadi di hari terakhir prosesi haji tahun itu.

5. Tahun 1998, sekitar 180 jemaah tewas terinjak-injak massa yang panik setelah beberapa dari mereka jatuh dari jembatan layang saat melakukan ibadah lempar jumroh di Mina.

6. Tahun 1997, sekitar 340 jemaah tewas dalam kebakaran di tenda-tenda haji di Mina. Kebakaran diperparah oleh angin kencang yang bertiup saat itu. Lebih dari 1.500 orang lainnya luka-luka saat itu.

7. Tahun 1994, sebanyak 270 orang meninggal akibat terinjak-injak saat ritual lempar jumroh di Mina.

8. Juli 1990, sebanyak 1.426 jemaah haji tewas dalam tragedi terowongan Mina. Jemaah berdesak-desakan dan terinjak saat berada dalam terowongan yang menghubungkan Makkah ke Mina dan Arafat.
image

image

image

image

image

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s