Makanan Jatuh Di Lantai 5 Detik Sudah Penuh Kuman


image
Penelitian menunjukkan bahwa makananjatuh ke lantai lima detik saja bisa membuat bakteri cepat hinggap di makanan Anda. Kontaminasi bukan bergantung waktu, tetapi banyak kuman di tempat makanan jatuh

Para ilmuwan di Clemson University meneliti apakah berapa lama waktu makanan terjatuh mempengaruhi tingkat bakteri yang ditransfer ke makanan. Untuk mencari tahu, peneliti meletakkan bakteri Salmonella di lantai keramik, kayu, dan karpet.

Setelah menjatuhkan baik bologna atau roti ke permukaan tersebut selama lima detik, 30 detik, dan 60 detik, mereka lalu mengukur berapa banyak bakteri yang berpindah ke makanan yang dijatuhkan tersebut. Percobaan diulang setelah bakteri ada di permukaan makanan selama dua, empat, delapan, dan 24 jam.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah bakteri yang berpindah ke makanan yang jatuh tidak dipengaruhi oleh waktu, tetapi berapa banyak bakteri di permukaan tempat makanan jatuh. Peneliti yang menerbitkan penelitiannya di Journal of Applied Microbiology, juga menemukan perbedaan pada setiap jenis permukaan.

Saat makanan dijatuhkan di karpet, hanya kurang dari satu persen Salmonella yang berpindah ke makanan. Namun, ketika makanan berkontak dengan lantai keramik dan kayu, sebanyak 48-70 persen bakteri pindah ke makanan.

Salmonella aureus, adalah satu di antara sekian banyak bakteri yang ada di sekitar kita. Namun, bakteri ini adalah penyebab utama infeksi kulit dan jaringan lunak. Meskipun sebagian besar infeksi aureus tidak serius, kuman ini kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi aliran darah, pneumonia, dan infeksi sendi.

Sumber: Dailymail

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s