Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi Idul Adha Sama , Muhammadiah Beda


image

Pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia telsh mengumumkan pada hari Minggu (13/9/2015) bahwa Idul Adha 1436 H jatuh pada hari Kamis 24 September. Tetapi Muhammadiah justru menetapkan Idul Adha berbeda yakni tanggal 23 September 2015.

Pengumuman penetapan hari Idul Adha oleh pemerintah Arab Saudi itu dibuat setelah otoritas kerajaan melakukan pengamatan terhadap bulan. Setelah bulan dapat terlihat, maka diputuskanlah waktu masuknya bulan Dzulhijjah yang juga merupakan bulan kedua belas dalam kalender Islam. Seperti diketahui, sistem penanggalan dalam islam memang berpegang pada penampakan bulan.

Pemerintah Indonesia melalui sidang itsbat juga telah menentukan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa, 15 September 2015, sehingga, Idul Adha diputuskan jatuh pada Kamis 24 September 2015.

Tetapi berbeda dengan pemerinth Arab Daudi dan Pemerintah Indonesia, Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada 23 September 2015. Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu’ti menerangkan penetapan itu didasarkan pada penghitungan hisab hakiki wujudul hilal.

Idul Adha diperingati untuk menghormati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan anaknya, Ismail sebagai tindakan penyerahan perintah Allah. Hal ini berbeda dengan Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s