PM Najib Terima Dana, Demo Besar Landa Malaysia


S3kitar 25 ribu demonstran di Malaysia menggelar aksi demo untuk menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Najib Razak terkait tuduhan korupsi. Dikhawatirkan bentrokan antara demonstran dan aparat polisi akan terjadi. Ini dikarenakan polisi telah menyebut rencana aksi demo yang akan berlangsung dua hari tersebut ilegal.

Kepolisian telah meningkatkan pengamanan di Kuala Lumpur dengan mengerahkan meriam-meriam air dan polisi antihuru-hara. Sementara ribuan demonstran berpakaian kuning dilaporkan telah berkumpul di Kuala Lumpur untuk menuju Dataran Merdeka yang menjadi tempat aksi demo.

Pihak aliansi Bersih menyatakan, sekitar 200 ribu orang di Kuala Lumpur dan dua kota lainnya: Kuching dan Kota Kinabalu akan meramaikan unjuk rasa besar-besaran ini.

Aksi-aksi demo sebelumnya oleh Bersih, telah berakhir dengan bentrokan dengan polisi, yang terakhir pada tahun 2012 lalu.

Najib belakangan ini makin gencar didesak mundur terkait dugaan korupsi di lembaga “1Malaysia Develepment Berhard” (1MDB), lembaga keuangan negara di mana Najib menjadi ketua dewan penasihatnya. Baru-baru ini, menteri-menteri kabinet Najib telah mengakui bahwa Najib menerima hampir US$ 700 juta ke sejumlah rekening pribadinya sejak tahun 2013. Hal ini pertama kali diungkapkan oleh media ternama AS, Wall Street Journal bulan lalu.

Namun menurut para menteri kabinet Malaysia, transfer uang tersebut merupakan donasi politik dari sumber-sumber Timur Tengah yang tak disebut namanya, dan tak ada yang salah dengan hal itu. Namun tak ada keterangan lebih detail mengenai pengiriman uang tersebut.

Rekening-rekening Najib tersebut pun kini telah ditutup dan keberadaan uang senilai triliunan rupiah itu kini tidak diketahui. Status penyelidikan soal itu saat ini tak jelas, menyusul pemecatan pejabat-pejabat yang terlibat penyelidikan hal tersebut.

Para pendemo juga meminta penyelamatan ekonomi Malaysia yang sedang terpuruk. Gerakan Bersih 4.0 ini mengajukan 4 tuntutan yang mereka sampaikan, yaitu: 1. Pemilu yang Bersih 2. Pemerintah yang Bersih 3. Menyelamatkan ekonomi Malaysia 4. Hak membantah (berpendapat).

Gerakan Bersih 4.0 ini rupanya dianggap musuh oleh pemerintahan Malaysia. Website mereka diblokir pemerintah karena dianggap terlalu menjelekan pemerintah dan cenderung fitnah. Tapi perjuangan mereka tidak luntur.

Para aktivis menyerukan perlawanan dengan melakukan aksi besar-besaran di seluruh penjuru Malaysia. Hasilnya, pada 29 Agustus terwujud, puluhan ribu orang di Kuala Lumpur bersatu menggunakan kaos kuning dan melakukan demo besar-besaran.

Aksi pendemo

Para pengunjuk rasa yang kompak memakai kaos berwarna kuning banyak yang terlihat membawa papan bertuliskan ‘Keluar, Najib, Keluar’, sambil berteriak, “Bersih!”.

‘Bersih’ adalah kelompok pro-demokrasi yang mendesak dan mendukung penurunan PM Najib Razak, yang dikatakan terlibat atas tuduhan korupsi dan kekeliruan dalam menangani dana 1MDB. Masyarakat seluruh lapisan hadir memenuhi jalanan di Kuala Lumpur, diikuti pengamanan yang semakin ketat dan masih diupayakan untuk dihentikan, melalui pemblokiran sejumlah akses jalan.

Berbagai yel-yel dinyanyikan secara kompak oleh ribuan massa Bersih 4.0 di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia. Para demonstran yang menuntut PM Najib Razak mundur dari jabatannya ini bikin merinding.

Setelah sempat rehat sejenak, ribuan massa Bersih 4.0 kembali berkumpul di Kawasan Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (30/8/2015) malam. Lautan manusia terhampar seragam berwarna kuning.

Meski sudah berdemo sejak Sabtu (29/8), bahkan menginap di jalanan seputar Dataran Merdeka, ribuan demonstran ini terlihat masih semangat. Suara mereka lantang menyuarakan agar Najib lengser dari jabatannya terkait dugaan korupsi.

“Bersih, Bersih. Hidup Bersih. Undur, undur. Undur Najib! Tangkap, tangkap. Tangkap Najib!,” demikian koor masa kompak dipandu orator di atas panggung lewat pengeras suara.

Dari atas panggung, orator kemudian memanggil sebuah kelompok band perkusi. Band ini pun atraktif memandu ribuan massa menyanyikan berbagai yel-yel pembakar semangat. “Oooo… ale ale…Ale ale Malaysiaku. Kubangun, kulawan penindasan untuk semua bangsa, rakyat Malaysia.” “Ayo kau anak muda, bangkit kalian semua satukanlah suara, kita lawan bersama.”

Demikian dua dari beberapa yel-yel yang dibawakan band perkusi tersebut. Suara tabuhan drum, koor kompak ribuan massa, ditambah nyala ribuan cahaya handphone, membuat suasana jadi seperti berada di konser musik band besar. Suara yang menggema dan menggelegarkan emosi itu membuat merinding yang melihat dan mendengar

Demo reformasi di Malaysia dipicu adanya skandal dugaan korupsi di lembaga keuangan negara Malaysia yang dikenal dengan nama 1MDB. Lembaga yang dipimpin PM Najib itu, dililit utang dalam jumlah besar. Namun dalam momen bersamaan, ada aliran dana multi-juta dolar yang mengalir ke rekening pribadi PM Najib.

Pemimpin Malaysia itu menyangkal telah melakukan kesalahan. Dia juga menolak tuduhan korupsi. Para pejabat Malaysia pro-Najib menegaskan, aliran dana multi-juta dolar ke rekening Najib bukan dari lembaga 1MDB tapi dari donatur asal Timur Tengah. Anehnya, sosok donatur itu sampai saat ini masih misterius.

”Untuk 58 tahun orang telah bersabar dengan suap, sebuah sistem politik yang tidak bisa menyelesaikan (krisis) di 1MDB. Hari ini kita ingin reformasi,” kata pemimpin kelompok Bersih, Maria Chin, seperti dikutip Reuters.

Maria menyerukan parlemen Malaysia untuk menyuarakan mosi tidak percaya terhadap PM Najib. Demo reformasi hari ini merupakan demo di hari kedua. Massa lintas etnis dan lintas agama telah berkumpul untuk menyuarkan pelengseran PM Najib.

Polisi Siaga

Para polisi Malaysia terus siaga di Kuala Lumpur. Demo menentang PM Najib  ini dikhawatirkan akan mengulang demo besar beberapa tahun silam, di mana polisi anti-huru hara Malaysia bertindak keras dengan menggunakan meriam air dan gas air mata untuk melawan demonstran.

Pihak berwajib juga sudah bersiaga dengan beberapa truk anti-kerusuhan dan sebuah meriam air di sekitar mereka.

Meski pergerakan dari ‘Bersih’ ini bertujuan utama untuk menurunkan Najib, beberapa pengamat politik justru meragukan aksi itu benar-benar bisa melengserkan Najib atau mendapat dukungan dari banyak orang, sebab kepemimpinannya masih terbilang kurang kuat.

Meski diikuti banyak pihak, aksi demo tetap tertib. Demonstran dan polisi tetap damai dan tidak terjadi gesekan yang signifikan atau yang menjurus ke arah anarkis.

PM Najib juga sudah mengeluarkan statement atas aksi demo besar-besaran ini. PM Najib menegaskan para demonstran bukanlah warga Malaysia yang mencintai negerinya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s