Gigitan Nyamuk Chikungunya Bisa Akibatkan Kebutaan


Jurnal kesehatan BMJ dalam tulisan sebuah laporannkasus mengungkapkan seorang wanita mengalami gejala langka akibat gigitan nyamuk Cikunguya. Komplikasi dari infeksi virus tersebut berdampak pada mata kanannya kehilangan kemampuan melihat permanen.

image

Pada Juli 2014 wanita 69 tahun yang identitasnya dirahasiakan tersebut sedang berkunjung ke Kepulauan Karibia, Grenana, ketika dirinya digigit nyamuk. Gejala demam, flu, ngilu sendi, dan lemas kemudian muncul dan ia mendapat perawatan dari dokter lokal.

Sang wanita kembali ke rumahnya di Inggris pada Agustus 2014. Meski penyakit tampaknya sudah sembuh namun ia mulai merasa penglihatan mata kanannya bermasalah.

Keluhan utamanya adalah dia tidak bisa melihat mulai dari tengah sampai bawah pada bagian mata kanannya. Ini terjadi hanya sehari sebelum ia menemui dokter dan sekitar tiga minggu setelah dirinya pulang dari Grenana.

Pemeriksaan awal sebenarnya menunjukkan penglihatan sentra sang wanita baik-baik saja dan ia bisa melihat ketajaman normal 20/20 di kedua mata. Namun ketika dokter berusaha mencari penyebab lain keluhan dengan melakukan berbagai tes penyakit, mata kanannya mulai membengkak dan penglihatannya menurun jadi 20/80.

Dua hari setelah kunjungan pertama diketahui sang wanita memiliki virus chikungunya. Setelah 6 hari mengeliminasi faktor kemungkinan lainnya , dokter berusaha memulihkan penglihatan pasien dengan memberikan steroid.

Steroid berhasil memulihkan inflamasi tapi tidak bisa memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Penggunaan steroid tampaknya tidak dimulai cukup cepat pada pasien tersebut. Masalah penglihatan mungkin saja bisa terjadi pada pengidap chikungunya karena komplikasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s