Di Era Jokowi Rupiah paling terpuruk di Asia


Nilai tukar rupiah jatuh terpuruk paling buruk di antara negara Asia sekitar 5,9% Year To Date terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak awal tahun 2015. Pelemahan mata uang rupiah ini merupakan yang terburuk di antara mata uang negara Asia.

Faktor utama yang membuat rupiah melemah karena jeleknya pertumbuhan ekonomi pemerintahan era Jokowi-JK dan prediksinya ke depan. Sementara yang kedua adalah dana asing yang terus mengalir ke luar. Hal ini berakibat rupiah jatuh 5,9% secara year to date (YTD), yang terburuk di Asia. Lambatnya perekonomian Indonesia di kuartal I-2015 yang hanya tumbuh 4,7% akan membuat target pertumbuhan ekonomi tahun ini sulit tercapai. Hal ini juga akan membuat mata uang rupiah semakin terpuruk. Beberapa pengemat ekonomi memperkirakan posisi dolar AS hingga akhir tahun ini akan berada di kisaran rata-rata Rp 13.200. Artinya, rupiah akan masih terus melemah.

Tampaknya kinerja pemerintahan Jokowi-JK khususnya tim ekonomi tampaknya tidak terlalu baik. Selama ini media masa terlalu membesarkan nama Jokowi menjelang Pilpres. Sebagian media dan pengamat pro Jokowi bahkan ada yang sesumbar bahwa saat Jokowi memerintah dolar akan turun 10 ribu.

Tampaknya kebijaksanaan menaikkan BBM. Menaikkan harga Listrik dan gas dan beberapa tarif lainnya menurunkan daya beli masyarakat. Hal ini membuat ekonomi semakin terpuruk di tengah kedigdayaan dolar Amerika.

Daftar kisaran mata uang negara-negara Asia terhadap dolar sampai perdagangan awal Juni 2015:

Dolar Taiwan 2,1%
Yuan China 0,1%
Dolar Hong Kong 0,0%
Rupee India -1,1%
Dolar Singapura -1,6%
Won Korea Selatan -1,8%
Dong Vietnam -2%
Baht Thailand -2,4%
Yen Jepang -3,6%
Ringgit Malaysia -5,8%
Rupiah -5,9%

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s