Keluarnya Ribuan Cacing Petanda Awal Gempa Yogja ?


Sebagian masyarakat sempat panik dengan gejala keluarnya cacing tanah ke permukaan yang dikaitkan dengan kemungkinan adanya gempa. Gejala tersebut juga terjadi saat gempa besar di Bantul dan grmpa besar di kobe Jepang. Beberapa masyarakat melihat ada ratusan cacing  berwarna hitam sebesar lidi dengan panjang belasan sentimeter.

Beberapa ahli menduga ada kemungkinan keluar ke permukaan karena mencari lapisan yang lebih lembap setelah hujan mendadak pada saat terjadinya suhu kering. Kondisi ini terjadi lumayan panjang pada masa pancaroba akhir Mei dan awal Juni lalu. Hujan dengan intensitas tinggi sempat mengguyur kawasan Bantul dan sekitarnya pada rentang 27-30 Mei dan 31 Mei-1 Juni lalu. Hujan ini mendadak turun setelah lama tidak mengguyur kawasan di Yogyakarta.

Berdasarkan catatan pemantauan Stasiun Prekursor Gempa Bumi di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, dalam satu pekan terakhir, data adanya gempa tidak terlihat. Sejak 25 Mei hingga 2 Juni lalu, perubahan signifikan pada parameter temperatur suhu di bawah permukaan tanah, tekanan, dan emisi radonnya tidak terjadi. Stasiun ini memasang alat detektor di kedalaman sekitar 100 meter untuk memantau kondisi lapisan bawah tanah ketika akan terjadi gempa bumi.

Fenomena ini juga terjadi pada saat sebelum gempa besar di yogja atau gempa Kobe di Jepang.  Fenomena biasa yang terjadi setiap pergantian musim.

Meski tidak ada kaitannya dengan gempa, pakar geologi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Prasetyadi, mengatakan gejala keluarnya cacing tanah tersebut perlu mendapat kajian yang lebih mendalam. Kesimpulan mengenai penyebab kemunculan cacing tanah ke permukaan masih bersifat dugaan, apakah pertanda gempa atau karena cuaca. Fnomena ini bisa dijadikan sebagai bahan awal studi baru mengenai cara mendeteksi terjadinya gempa. “Belum ada kajian mendalam tentang sensor hewan bisa deteksi gempa bumi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s