Spesifikasi dan Interior Mobil RI-1, Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine


Spesifikasi dan Interior Mobil RI-1, Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine

Banyak presiden di berbagai negara mendapat fasilitas mobil paling hebat, paling aman dan paling cepat untuk perjalanan dinas mereka. Presiden Amerika Obama, setelah selesai dilantik sebagai Presiden Amerika yang ke-44, dia diberi fasilitas sebuah mobil limousine, yang dikenal dengan sebutan Cadillac One. Mobil kenegaraan yang digunakan SBY saat ini merupakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine yang diperkirakan lansiran tahun 2009. Sebagai orang nomor satu di negara, pasti memerlukan sebuah keamanan dan kenyamanan yang ekstra dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraannya. Mercy RI 1 ini dirancang khusus dengan aspek dan fitur-fitur perlindungan ekstra daripada mobil pada umumnya. Mobil ‘guard’ Mercy ini sudah banyak menemani orang penting seperti perdana menteri, presiden, orang kaya bahkan seorang Paus.

Mercy S600 Pullman Guard memiliki bodi limousine yang panjang meneruskan tipe S600 sebelumnya. Panjangnya sekitar 6,3 meter dengan wheelbase 4.315 mm atau sekitar 1.150 mm lebih panjang dari bodi tipe S-Class longwheelbase. Atapnya juga sedikit lebih tinggi dan lebih besar pada cabinnya.

Mobil kepresidenan atau RI 1 merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tanki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.
Pihak Istana Kepresidenan RI telah mengganti kaca bagian belakang mobil dinas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dikenal antipeluru. Rencana penggantian kaca antipeluru mobil Presiden itu dikutip dari situs Sekretariat Negara RI. Untuk mengganti kaca antipeluru mobil Presiden, Mercedes Benz S600 L ini akan menelan biaya sekitar Rp 704,657 miliar.

Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine ini memiliki kecepatan puncak 210 kilometer/jam dengan GVW 4.200 kilogram. Guard pada namanya menunjukkan bahwa Mercy ini memiliki perlindungan lebih yakni bodi berlapis baja. Bodi baja ini mampu menahan senjata militer kelas kecil seperti pistol, granat dan bahan peledak lainnya. Fitur pelindung lainnya antara lain ban run-flat, tangki bahan bakar yang secara otomatis mengunci dan sekaligus memadamkan api.

Konsep keamanan tersemat optimal, pada interior Mercy ini dilengkapi perangkat night view assist system sebagai pemantau kondisi luar ketika kondisi jalan gelap. Sistem ini berfungsi layaknya sonar infra merah yang mampu melihat objek dalam keterbatasan cahaya sehingga berkendara di malam hari pun terasa aman dan nyaman.

Saat ini SBY menggunakan Mercedes Benz S600 Pullman Guard Limousine keluaran tahun 2008. Sebelumnya Presiden SBY menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 1994 yang dibuat dari baja anti peluru. Mobil ini dulu juga dipakai oleh Presiden Suharto. Namun sejak tahun 2009 Presiden SBY telah menggunakan mobil Mercedes-Benz keluaran tahun 2008. Sedangkan Mercedes-Benz yang keluaran tahun 1994 dijadikan cadangan

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Supported by :
https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/12/img00055-20101205-1659.jpg?w=291&h=218KORINDO – Koran Anak Indonesia. Yudhasmara Foundation Editor in Chief: Audi Yudhasmara. Co-editor: Sandiaz Yudhasmara. Foundation Director : Dr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor: Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin.Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi, Vavan PrayudhaDr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor in Chief : Digna Betanandya. Reporter : Audi Yudhasmara. Sandiaz Yudhasmara, Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin.Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi.

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi

masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  Phone : (021) 5703646

email : korando@gmail.com http://korananakindonesia.com/

Copyright 2013. Koran Anak Indonesia Network Information Education Network. All rights reserved
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s