Bocce, Permainan dan Olahraga Alternatif Anak Indonesia


Olahraga bocce adalah olahraga yang cukup populer di banyak negara. Namun di Indonesia biasanya hanya dikembangkan untuk penderita disable intelectual atau tuna grahita. Tapi diluar negeri sudah memasyarakat dan sudah dikompetisikan.  Bocce Ball, salah satu bentuk olahraga boling rumput tertua, yang banyak dimainkan orang Italia. Karena dapat dimainkan oleh orang-orang dari segala usia pada berbagai macam permukaan lapangan, hal ini menjadi olahraga populer di seluruh dunia.

Permainan yang cukup menarik ini mungkin bisa dijadikan alternatif permainan atau olahraga anak sekolah di Indonesia. Permainan ini bisa melatih motorik tangan, mengasah konsentrasi dan kerjasama tim. Jenis olahraga ini tampaknya juga cocok untuk anak-anak penderota special needs yang membutuhkan latihan motorik tangan, konsentrasi dan sosialisasi.

Olahraga bocce adalah permainan yang sederhana, menyenangkan dan dapat dijadikan sebagai permainan olahraga rekreasi. Olahraga itu berasal dari Mesir kuno 5.000 tahun lalu, dianggap sebagai sejarah panjang Tiyuyundong.

Cara permainan

Lapangan permainan sebaiknya dilakukan pada lapangan dengan permukaan apapun dengan panjang 26,50 meter dan lebar 4,50 m, dikelilingi oleh 25 cm penimbunan tanah tinggi dikelilingi oleh pasir atau gundukan plastik dan tanah. Alat bola yang digunakan terdiri dari bola bola pertandingan besar dan bola kecil dua, berat 920 g bola besar – 1000 gram, diameter 11 cm, untuk tim melempar bola. Adapun berat bola adalah sekitar 60 gram dengan diameter 4 cm.

Dalam permainan bocche, ada bola sasaran berukuran kecil di sebuah area. Dua tim yang berhadapan, berlomba melemparkan bola yang berukuran besar agar mengenai bola sasaran yang kecil, atau paling tidak mendekatinya. Tim pemenang adalah tim yang mampu menempatkan bola besar paling dekat dengan bola kecil atau bahkan mengenai bola kecil.

Dalam permainannya, ada bola sasaran berukuran kecil berwarna putih di sebuah area. Bocce terbuka dimainkan antara dua pemain atau dua tim sampai empat pemain dalam sebuah tim. Berlomba melemparkan bola yang berukuran besar agar mengenai bola sasaran yang kecil, atau paling tidak mendekatinya. Tim pemenang adalah tim yang mampu menempatkan bola besar paling dekat dengan bola kecil atau bahkan mengenai bola kecil. Melempar bola sasaran, yang disebut “jack,” atau “pallino,” jarak dan arah manapun yang Anda pilih.

Supported by :
https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/12/img00055-20101205-1659.jpg?w=291&h=218KORINDO – Koran Anak Indonesia. Yudhasmara Foundation Editor in Chief: Audi Yudhasmara. Co-editor: Sandiaz Yudhasmara. Foundation Director : Dr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor: Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin.Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi, Vavan PrayudhaDr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor in Chief : Digna Betanandya. Reporter : Audi Yudhasmara. Sandiaz Yudhasmara, Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin.Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi.

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi

masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat  Phone : (021) 5703646

email : korando@gmail.com http://korananakindonesia.com/

Copyright 2013. Koran Anak Indonesia Network Information Education Network. All rights reserved
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s