The Oprah Winfrey Show Berakhir, Setelah Berjaya 25 Tahun


Masyarakat Amerika dan sebagian masyarakat dunia berduka dan sedih ketika acara televisi fenomenal The Oprah Winfrey Show  akan segera berakhir. Tanggal 24 M2i 2011 merupakan salah satu hari bersejarah bagi Oprah Winfrey. Pembawa acara terkenal yang menjadi selebriti ternama di AS ini menyelesaikan episode terakhir program talk show The Oprah Winfrey Show yang telah ia jalankan selama 25 tahun terakhir ini. “Selama 25 tahun, saya merasa tulang dan semangat saya di jalur yang tepat. Itu adalah masa-masa yang tepat. Bagi Anda pemirsa Oprah loyal, Anda tumbuh bersama saya. Anda memiliki keluarga, membesarkan anak-anak, dan menyisakan waktu untuk saya pada pagi dan sore hari. Itu membuat saya sangat gembira,” katanya.

Selama 25 tahun, talkshow itu paling disukai pemirsa televisi. Selama lebih dua dekade, dia disiarkan ke 145 negara di seluruh dunia. Di AS saja, setiap minggu, The Oprah Winfrey Show ditonton tidak kurang dari 42 juta orang. Oprah Winfrey adalah  kisah sukses Amerika, seperti kisah hebat Amerika lainnya. Program televisi yang telah mencetak lebih dari 25.000 episode ini mampu memengaruhi perekonomian seluruh bisnis yang terkait di dalamnya. Banyak pihak khawatir, setelah The Oprah Winfrey Show yang ditayangkan pada siang hari di AS ini berakhir, peringkat pemirsa televisi akan merosot.

Selama tahun 2010, pendapatan yang diperolehnya saja mencapai angka 315 juta dollar AS atau Rp 2,84 triliun. Jumlah tersebut menempatkannya di posisi pertama sebagai selebriti dengan pendapatan paling besar selama tahun 2010 versi majalah Forbes.  Forbes pada tahun 2010  menyatakan layak kembali mendapatkan mahkotanya sebagai Artis Paling Berpengaruh di dunia.

Kiprah Oprah Winfrey dalam dunia massa memang sudah tidak diragukan lagi. Melalui kerajaan bisnisnya, penerbitan majalah, jaringan televisi, dan acara radio satelit Oprah Winfrey dianggap sebagai wanita paling berpengaruh di media massa.
 Berdasarkan polling terbaru yang dilakukan oleh Forbes Oprah dianggap sebagai wanita paling berpengaruh di dunia media massa. Polling itu diambil berdasarkan empat kategori yaitu : penonton, perhatian media, pendapatan dan jangkauan media, termasuk pendukung dari Twitter dan Facebook.

Sindikasi media Oprah sampai saat ini dianggap paling banyak mendorong untuk kegiatan promosi jabatan, buku, produk hingga ide-ide lainnya. Ini terlihat pada saat pemilihan presiden Amerika Serikat. Popularitas Barack Obama naik, setelah Oprah mendukung dengan jaringan media massa yang dimilikinya.  Acara Oprah juga dianggap mendongkrak popularitas orang-orang tidak ngetop seperti Rachael Ray, Gayle King, Marianne Williamson, Dr.Phil, Nate Berkus dan Dr. Mehmet Oz menjadi selebrita acara televisi.

Tiga hari terakhir pengambilan gambar program talk show ini dibuat semeriah mungkin. Beberapa selebriti terkenal seperti Madonna, Tom Hanks, Beyonce Knowles, dan Tom Cruise menjadi bintang tamu dalam shooting bergantian di depan 20.000 penggemar acara ini di Chicago.

The Oprah Winfrey Show takkan hadir di OWN.  Hanya, berakhirnya kontrak The Oprah Winfrey Show, secara kebetulan, bersamaan dengan mengudaranya The Oprah Winfrey Network (OWN) pada 2011 nanti. OWN menggantikan Dicovery Health Channel dan akan melakukan debut di 74 rumah pemirsa.

CBS Television Distribution yang mendistribusikan The Oprah Winfrey Show, berharap bisa melanjutkan kerja sama dengan Oprah. Mungkin, dengan membuat program baru di studio mereka di Los Angeles. CBS menikmati keuntungan dengan mendistribusikan The Oprah Winfrey Show di 200 pasar AS.

Beberapa program pengganti telah dipersiapkan, seperti The Ellen DeGeneres Show, The Dr. Oz Show, atau memperpanjang siaran berita hingga sore hari. Namun, tetap saja, dengan pengaruh program televisinya yang sangat besar bagi masyarakat selama ini, tentu langkah itu tidak akan mudah. Tak hanya bisnis penyiaran yang kelimpungan, industri percetakan juga harap-harap cemas. Selama ini buku-buku yang dijual di Oprah’s Book Club telah berkontribusi terhadap penjualan 22 juta kopi buku selama dekade terakhir ini.

https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/11/136167767172747245-oprah_winfrey.jpg?w=243

Apapun yang dia sentuh, akan jadi sukses hebat. Kami ingin bekerja sama dengannya untuk beberapa tahun ke depan, bahkan kalau bisa setelah itu juga. Kehilangan The Oprah Winfrey Show menjadi pukulan telak bagi CBS. Tapi, pukulan ini tidaklah setelak jika Oprah menepati janjinya, mengakhiri kontrak pada tiga atau empat tahun lalu. Faktanya, setahun tereakhir, rating talkshow ini memang melorot. Ini kehilangan besar. Tapi, tidaklah sebesar jika terjadi 10 tahun lalu. Meskipun demikian, tetap saja (acara) ini memiliki pemirsa yang terbesar dan stasiun televisi pesaing ABC akan memanfaatkannya.

Beberapa kali, saat Oprah melakukan negosiasi kontrak baru, pembicaraan soal penghentian program ini sempat muncul. Sebelum menandatangani kontrak terakhirnya pada 2004, Oprah mengatakan akan mundur setelah musim 2005/06. Dia sempat pula menyatakan niat mundur pada 1995 dan menganggap itu keputusan sulit, tapi penting.

Melalui perusahaan miliknya, Harpo Inc, Oprah sukses menciptakan kerajaan media, mulai dari media cetak, radio, digital, televisi, hingga jaringan kabel. Dengan usahanya ini, Oprah berhasil mengumpulkan kekayaan pribadi sebesar 2,7 miliar dollar AS.

Oprah Winfrey

Oprah Gail Winfrey adalah seorang selebriti dan pengusaha Amerika Serikat yang namanya melambung setelah membawakan sebuah acara bincang-bincang yang sangat populer, The Oprah Winfrey Show. Oprah lahir di Kosciusko, Mississippi, Amerika Serikat, 29 Januari 1954.

Dengan kekayaan sekitar 1,3 miliar dolar AS, ia masuk dalam daftar miliarder di dunia. Orangtuanya Oprah Winfrey bermaksud menamainya Orpah, seperti yang terdapat di dalam Alkitab, tetapi sang bidan yang mencatat kelahiran itu tidak dapat mengeja dengan baik, sehingga namanya menjadi Oprah Winfrey.

Oprah lahir pada tanggal 29 Januari 1954 di Kosciusko, Mississippi, ia dibesarkan di sebuah perternakan oleh neneknya yang keras (Hattie Mae) selama enam tahun. Ketika berusia enam tahun, ibunya, Vernita, mendapatkan pekerjaan sebagai pembantu di Milwaukee, Wisconsin dan akhirnya mengambil Oprah kembali dari neneknya. Di Milwaukee, ia harus tinggal dalam satu kamar bersama ibu dan dua saudara tiri, laki – laki dan perempuan. Setiap hari Vernita meninggalkan anak-anak itu pagi-pagi sekali dan baru pulang pada malam hari, sehingga ia tidak punya waktu untuk keluarganya.

Agar ibunya memperhatikannya, Oprah sering kabur dari rumah. Pada usianya yang ke-9, ia mengalami pelecehan seksual oleh sepupunya yang berusia 19 tahun yang sedang bertugas menjaganya. Oprah yakin itu kesalahannya dan tidak menceritakan apa yang ia alami kepada siapapun. Menginjak usia 14 tahun, Oprah hamil dan bayinya meninggal tidak lama setelah dilahirkan. Ketika Oprah melarikan diri selama satu minggu, ibunya memutuskan untuk mengirim Oprah hidup bersama ayahnya di Nashville. Oprah yang benar–benar takut dengan ayahnya, kalau sampai ia sanggup tinggal bersama ayahnya, ia akan mengubah hidupnya, ia akan menunjukan siapa dia yang sebenarnya

Pada umur 14 tahun, Oprah tinggal bersama ayahnya (Vernon Winfrey) dan ibu tiri nya (Zelma) yang merupakan anggota terhormat masyarakat Tennessee. Ayah Oprah tidak bisa mentoleransi sikap negatif Oprah atau nilai sekolahnya yang buruk. Oprah memperoleh nilai – nilai C di Milwaukee, tetapi hanya nilai A yang bisa diterima oleh ayahnya. Awalnya, Oprah benci pada aturan tegas dan harapan tinggi mereka. Tapi, ternyata justru itulah yang ia perlukan, orangtua yang membuat peraturan dan menerapkannya dengan tegas, tapi juga memberikan cinta dan perhatian yang diinginkannya. Oprah pun bangkit.

Tidak saja nilai sekolahnya yang meroket, Oprah juga jadi lebih ramah dan populer daripada sebelumnya. Pada usia 16 tahun, Oprah menempuh perjalanan ke Los Angeles untuk menjadi pembicara di suatu gereja. Pada usia 17 tahun, dia memperoleh pekerjaan pertamanya di dunia pertunjukan sebagai penyiar berita di stasiun radio lokal. Mereka bahkan membayarnya $100 per minggu, yang terhitung besar buat siswa sekolah menengah pada tahun 1970-an.Pada usianya yang ke-19, ia ditemukan oleh sebuah stasiun televisi di Nashille untuk dipekerjakan sebagi wartawan dan penyiar berita

Puncak Kejayaan

Oprah mengawali acara ini di Nashville, Baltimore sebelum memindahkannya ke Chicago pada 1984. Dia menjadi pembawa acara talkshow AM Chicago di televisi WLS-TV yang setahun kemudian berganti nama menjadi The Oprah Winfrey Show. Dia pun membangun Harpo setahun kemudian dan memasukkan acara ini ke dalam sindikasinya. Bermodalkan sukses besar di panggung show itu, Oprah membangun sebuah kerajaan media. Harpo Studios membuat acara yang dipandu Phil McGraw dan Rachael Ray. Dia juga meluncurkan O, The Oprah Magazine yang jadi majalah terpopuler ketujuh pada semester pertama 2009.

The Oprah Winfrey Show

Pada 1976, Oprah menjadi pembawa acara TV di Baltimore dan kemudian dipromosikan sebagai pendamping pemandu acara bincang-bincang pagi (talk show) yang bernama People Are Talking (Orang–orang Mulai Berbicara).

Pada 1984, Oprah mendapatkan terobosan besar. Dia diminta menjadi pemandu acaranya sendiri disebuah Chicago. Acara A. M. Chicago mengudara pada waktu yang sama dengan acara Phill Donahue Show yang populer.tetapi tidak butuh waktu lama bagi Oprah untuk menurunkan Phill dan takhtanya. Dalam waktu singkat dia menjadi bintang di 120 kota besar di seluruh Amerika.

The Oprah Winfrey Show membuat debut nasional pertamanya pada tahun 1986, dan meraih sukses dengan cepat dengan menjadi pertunjukan yang paling populer di televisi, menjadikannya wanita kulit hitam yang bangkit dari kemiskinan dan menjadi bintang dengan bayaran tertinggi.

The Oprah Winfrey Show menjadi talk show nomer satu saat itu,Acara ini di tonton oleh 48 juta pemirsa setiap minggunya di Amerika dan disiarkan secara internasional di 126 negara.

Pendiri Majalah dan Direktur Editorial

Pada bulan April tahun 2000, Oprah dan Majalah Hearts memperkenalkan O, The Oprah Magazine,Majalah tersebut menjadi majalah yang sukses dalam sejarah penerbitan dengan sirkulasi 2,3 juta pembaca setiap bulannya. Di April 2002, Oprah meluncurkan edisi pertama internasional dari O, The Oprah Magazine di Afrika Selatan.

Oprah merealisasikan impian masa kanak-kanaknya untuk menjadi seorang bintang film, dengan berakting dalam drama milik beberapa penulis brilian, melalui perusahaan filmnya, Harpo Productions:

  • The Color Purple (1985)
  • Native Son, The Women of Brewster Place (1989)
  • Before Women Had Wings(1997)
  • Beloved (1998)

Oprah juga menjadi Produser Broadway theatre “The Color Purple”, membuat situsnya sendiri (oprah.com), dan memiliki radio satelit Oprah and Friends.

Penghargaan

  • Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia. 2006
  • Library Lion 2006 dari Perpustakaan Publik New York (The New York Public Library). 2006
  •  National Freedom Award dari Musium Hak-hak Sipil Nasional (National Civil Rights Museum) 2005
  •  National Association for the Advancement of Colored People — Hall of Fame 2005
  • Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia. 2005
  • International Emmy Founders Award dari International Academy of Television Arts & Sciences. 2005
  •  Penghargaan Global Aksi-aksi Kemanusiaan (Global Humanitarian Action Award ) dari Asosiasi PBB Amerika (United Nations Association of the United States of America) 2004
  •  Penghargaan atas Jasa Terhormat (Distinguished Service Award) dari Asosiasi Penyiaran Nasional (National Association of Broadcasters) 2004
  • Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di Seluruh Dunia. 2004
  •  Association of American Publishers – AAP Honors Award 2003
  •  54th Annual Primetime Emmy Awards® – Bob Hope Humanitarian Award 2002
  • Broadcasting & Cable – Hall of Fame 2002
  •  National Book Foundation – 50th Anniversary Gold Medal. 1999
  • National Academy of Television Arts & Sciences® – Lifetime Achievement Award. 1998
  • Majalah Time — 100 Orang yang Paling Berpengaruh di abad ke 20th. 1998
  • Newsweek – Most Important Person in Books and Media. 1998
  • TV Guide – Television Performer of the Year 1998
  • International Radio & Television Society Foundation – Gold Medal Award George Foster Peabody Awards – 1995
  • Individual Achievement Award 1995

 

sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya

Supported By :

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR6YmYb-hui0xP9f-qqBB_K64r-8VBm1tFHJQcztlW4hvtQ7V37Xw

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com https://mediaanakindonesia.wordpress.com/

Copyright 2011. Koran Anak Indonesia Network Information Education Network. All rights reserved

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s