New Jupiter MX, Dengan Dua Varian Yang Mempesona


New Jupiter MX, Dengan Dua Varian Yang Mempesona

 

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mempersembahkan dua varian New Jupiter MX yang berbeda. New Jupiter MX dengan auto clutch 4-speed dan auto clutch 4-speed tanpa rem cakram belakang. Satu model menggunakan sistem transmisi manual kopling 5-speed dengan cakram di roda depan dan belakang, satu varian lagi menggunakan auto clutch 4-speed tanpa rem cakram belakang.
New Jupiter MX dengan auto clutch 4-speed ditujukan bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan kecepatan tapi menginginkan bebek yang sporty.  Menurut survey ternyata ada konsumen yang tidak selamanya suka motor kencang, sehingga diciptakan dua varian, satu kompling manual, satu tidak. MX baru ini dikembangkan berdasarkan hasil survei konsumen. Karena itu, akselerasi lebih diutamakan ketimbang kecepatan tinggi. “Dari survei 10 konsumen, hanya 2 orang yang menginginkan kecepatan top lebih tinggi. Mayoritas lebih mementingkan akselerasi.
Namun semua spesifikasi dan kondisi mesin dan bentuk serta desain bodi antara kedua varian motor bebek tersebut tetap sama. Perbedaan lainnya hanya tipe kopling tadi. Selain kopling Jupiter MX auto clutch ini juga hadir tanpa cakram belakang. Kalau ingin sekedar tampilan sporty bisa pilih yang 4-speed, tapi kalau mau yang all new ya yang kopling manual 5-speed.

Menurut  PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Jupiter MX facelift baru akan diluncurkan pada ajang Jakarta Motorcycle Show (JMCS), November 2010 nanti.  Dikatakan harganya tak naik banyak, di bawah Rp500.000, New Jupiter Mx 135 cc lama seharga  Rp15,475 juta per unit. Perubahan pada New Jupiter MX hanya pada desain bodi. Bodi semuanya secara total baru.. Mengenai mesin, Jupiter MX baru tetap mengandalkan model lama. Selain Jupiter MX baru, di JMCS Yamaha juga memamerkan produk bebek matik perdananya Lexam. Konsumen sudah bisa memesan unit.

 

Akselerasi
Tenaga MX baru terasa responsif ketika grip gas ditarik dengan cepat saat masuk gigi pertama. Dalam beberapa detik, speedometer sudah menunjuk angka 20 km/jam, suara mesin  menandakan putaran sudah mencapai top-nya. Pindah ke gigi 2, mencapai 60 km/jam, gigi 3 (80 km/jam) dan gigi 4 (100 km/jam). Dengan bobot tubuh 110 kg, top speed yang bisa dicapai hanya 100 – 130  km/jam.

Saat di gigi 3, terasa seperti ada “limiter” yang mencegah MX ini menembus 80 km/jam. Gigi harus dipindahkan ke gigi posisi lebih tinggi agar laju motor turun. “Yamaha tetap mengutamakan keselamatan. Kalau mau kemampuan lebih, bisa dimodifikasi tapi tak kami rekomendasi.

Unggulan MX baru yang belum dimiliki kompetitor adalah pelek 2.50/17 dan ban 100/17/70 (paling lebar di kelasnya). Hasilnya, kemampuan bermanuver di berbagai tikungan Sentul, termasuk “S” kecil, dilahap pada 70 km/jam.  Saat menikung, pengendalian mantap! Sepeda motor tetap stabil dan tak perlu khawatir tatakan kaki (footstep) menyentuh aspal. Suspensi depan terasa terlalu empuk. Kondisi ini sedikit mengganggu pengendara dengan bobot lebih berat: Yamaha lebih memilih setelan yang menghasilkan kenyamanan.  Setang kemudi yang lebih menekuk ke dalam, 19 derajat, (MX lama 16 derajat), membuat sepeda motor ini lebih nyaman diajak meliuk-liuk di antara kerucut (cone) yang berjarak 1 meter.

Depan
Pada bagian depan, model kap atau tudung, lampu utama, dan sein berbeda. Tudung depan kini lebih runcing atau tajam dan lebih dekat dengan sepatbor roda depan di bandingkan dengan versi yang dipasarkan sekarang ini.

Panel instrumen total baru. Kalau versi lama menggunakan model pentagon atau segi lima, kini bulat. Dihiasi dengan warna silver di sekelilingnya. Juga ada aksentuasi silver di bagian atas dari panel instrumen. Semua bagian dari setang total berubah. Bahkan, sudut lekukan setang kini lebih ke dalam sehingga lebih ergonomis. Hasil lebih nyaman untuk jarak jauh.

Masih di depan, penghubung antara setang dan bodi belakang desainnya juga berubah, termasuk tempat kunci kontak, kini menggunakan model baru yang dilengkapi dengan pengaman. Cukup menarik, bagian depan menggunakan warna kombinasi. Jika bagian pinggir menggunakan warna sesuai bodi, maka di tengah hitam. Kini ada kisi-kisi untuk memudahkan mesin mendapatkan pasukan udara. Bagian di bawah juga dibuat berbentuk seperti segitiga dengan warna hitam.

Bodi bagian samping yang membungkus mesin bagian depan juga berbeda. Kini bagian bawah dari bodi dilengkapi dengan sirip atau biri yang mengarahkan udara ke mesin dan bagian luar bodi (ke kaki pengendara).

Belakang
Hal yang baru lagi adalah roda belakang kini dilengkapi dengan sepatbor kecil di atas roda, sedangkan ukuran bodi belakang kini dibuat lebih gemuk dan besar. Hasilnya, memberi kesan kekar. Desain lampu belakang juga baru. Hanya desain pelek yang tidak berubah, tetapi ukuran lebih besar. Knalpot juga mengalami perubahan. Hal yang baru, kini roda belakang dilengkapi dengan rem cakram berventilasi,  dioperasikan secara hidraulik. Semua itu menambah penampilann Jupiter MX makin sporti.

Mesin
Karena total berubah—tetapi kapasitas, diameter, dan langkah tetap dipertahankan—maka tutup samping mesin, baik di kanan maupun di kiri, juga berubah kendati tetap mengguakan konsep desain Yamaha. Bagian dalam mesin  juga  ada yang berubah. Teknologi sama dengan mesin V-ixion, menggunakan piston cor  (forged) dan diasil silinder. Hasilnya, piston lebih ringan dan lebih tahan terhadap suhu tinggi, mengurangi piston tergores dan macet. Karena kapasitasnya  relatif kecil, 135 cc, mesin  tidak dilengkapi dengan pengimbang (balancer) seperti V-ixion. Hanya untuk memasok bensin, Yamaha masih tetap  mempertahankan penggunaan karburator. “Tujuannya, selain  harga terjangkau, juga lebih gampang diservis di berbagai daerah. Karena teknologi  ini sudah sangat  dikenal di Tanah Air,” jelas Indra Dwi Sunda, Manajer Promosi Yamaha Indonesia.

Harga

Di Jakarta, varian tertinggi Jupiter MX lama seharga  Rp 15,425 juta. kemingkinan harga Jupiter MX baru sekitar 16 juta rupiah.

Perubahan New jupiter MX dibandingkan tipe lama

Jupiter MX facelift, ternyata  berubah total. Tidak hanya seluruh bodi, tetapi perubahan total juga dilakukan pada mesin.  Namun dimensi Jupiter MX sekarang masih dipertahankan. Begitu juga kapasitas, diameter dan langkah, serta perbandingan kompresi mesin.  Dengan perubahan desain mesin dan teknologi pembuatan piston dan materi permukaan silinder, hasilnya, efisiensi sepeda motor berkapasitas 135 cc ini menjadi lebih baik. Tenaga mesin All-New MX lebih besar sedikit kendati diperoleh pada putaran yang sama.

Penampilan All-New Jupiter MX lebih sporty dan kekar. Kini, roda belakang dilengkapi dengan sepatbor yang berada di bawah rangka belakang. Pada panel instrumen, ada perubahan pada kunci kontak. Yang menjadi perubahan mencolok, kini MX menggunakan dua rem cakram, yaitu di depan dan di belakang.

Jupiter MX menggunakan kopling manual dan transmisi 5-percepatan. Tali gas MX baru ini juga dibuat ganda agar bisa memperoleh respons spontan ketika dibetot cepat. Perubahan lainnya adalah ukuran ban pelek belakang yang lebih lebar.

Spesifikasi Jupiter MX Sekarang vs All-New:

Item
Jupiter MX Sekarang (55S) All-New Jupiter MX (50C)
Dimensi (mm)
Panjang
1.960 1.960
Lebar
695 695
Tinggi
1.080 1.080
Jarak sumbu roda
1.255 1.255
Berat (kg)
111 116
Kapasi tangki bensin
4 liter 4 liter
Mesin
Tipe
4-langkah, 4-katup, SOHC,
Berpendingin cairan
4 -langkah, 4-katup SOHC,
Berpendingin cairan
Jumlah silinder
Tunggal
Tegak
Tunggal
Tegak
kapasitas
134 ,4 cc 134,4 cc
Diameter x langkah
54,0 x 58,7 mm 54,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi
10,9 : 1 10,9 : 1
Tenaga maks. kW (PS)  @rpm
8,93 (12.14) @8.500 9,21 (12.52) @8500
Torsi maks. Nm (kgf.m) @rpm
11,79 (1,20) @6.000 12,14 (1,24) @6.000
Sistem starter
Elektrik & Kick Elektrik &  Kick
Kopling
Basah Basah
Kapasitas oli mesin
Total  1,15 liter
Ganti reguler: 0,94 liter
Total 1,15 liter
Ganti  reguler : 0,94 liter
Pasokan bahan bakar
Karburator BS25 -58 Karburator BS25-58
Kopling
Basah, sentrifugal, multiplat Basah, manual, multiplat
Transmisi
Rotary, 4-kecepatan Return, 5-kececepatan
Pola perpindahan gigi
N-1-2-3-4-N 1-N-2-3-4-5
Rangka
Tipe
Diamond Diamond
Garpu depan
Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun,  Monocross Lengan ayun,   Monocross
Ukuran ban  depan
70/90-17M/C 38P 70/90-17M/C 38P
Ukuran ban belakang
80/90-17M/C 44P 100/70-17M/C 49P
Rem depan
Cakram Cakram
Rem belakang
Tromol Cakram

 

 

www.korananakindonesia.com

https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/12/img00055-20101205-1659.jpg?w=291&h=218Supported by : KORANDO – Koran Anak Indonesia. Yudhasmara Foundation. “Pupuk Minat baca Anak sejak Dini. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA” Editor in Chief: Audi Yudhasmara. Co-editor: Sandiaz Yudhasmara. Foundation Director : Dr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor: Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin. Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi, Vavan Prayudha, Editor in Chief : Audi Yudhasmara. Reporter : Audi Yudhasmara. Sandiaz Yudhasmara, Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin. Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General Support : Prabuningrat, Sis Wahyudi.. Address: Menteng Square AR 20 Jln Matraman 30 Jakarta Pusat. Phone: 021-29614252 – 08131592-2012 – 08131592-2013 Mobil Phone: 089690509906 email : judarwanto@gmail.com http://korananakindonesia.com/ Komunikasi facebook: Koran Anak Indonesia

Copyright 2016. Koran Anak Indonesia Network Information Education Network. All rights reserved


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s