Piala AFF : Kejuaraan Sepakbola Asia Tenggara dari Masa Ke Masa


Piala AFF : Kejuaraan Sepakbola Asia Tenggara dari Masa Ke Masa

Kejuaraan Sepak Bola ASEAN (dalam bahasa Inggris: ASEAN Football Championship), sebelumnya bernama Piala Tiger (Tiger Cup), adalah suatu kejuaraan sepak bola internasional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Turnamen ini diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Nama lama kejuaraan ini berasal dari sponsornya yaitu perusahaan bir Singapura, Tiger Beer. Pada 2007, nama kejuaraan ini menjadi Kejuaraan Sepak Bola ASEAN, dan pada 2008, berubah lagi menjadi Piala Suzuki AFF.

Sejarah

  • Piala Tiger dimulai pada tahun 1996 di Singapura. Pada kejuaraan pertama tersebut, Thailand berhasil merebut juara setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0.
  • Piala Tiger berikutnya yang berlangsung di Vietnam melahirkan sebuah kejadian kontroversial di mana pada babak penyisihan, dalam upaya untuk menghindari pertemuan dengan tuan rumah Vietnam di babak berikutnya, Indonesia dan Thailand memainkan sepak bola negatif karena keduanya tidak mempunyai keinginan untuk menang. Ketika skor masih 2-2 menjelang berakhirnya pertandingan, bek Indonesia Mursyid Effendi dengan sengaja mencetak gol bunuh diri dengan menendang bola ke gawangnya sendiri sehingga skor menjadi 3-2 untuk kemenangan Thailand. Kedua tim akhirnya didenda karena telah “merusak semangat sepak bola” dan Mursyid sendiri dilarang bermain dalam sepak bola internasional seumur hidup.
  • Juara pada tahun 1998 adalah Singapura yang mengalahkan Vietnam di babak final.
  • Dua Piala Tiger (2000 & 2002) berikutnya dimenangkan oleh Thailand secara berturut-turut.
  • Sejak tahun 2004, babak semifinal dan final Piala Tiger diselenggarakan dengan sistem tandang-kandang. Pada tahun ini juga untuk pertama kalinya Piala Tiger diselenggarakan di dua negara. Selain itu, Piala Tiger kali ini juga mencatat keikut sertaan Timor Leste dalam kejuaraan ini untuk pertama kalinya.
  • Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2007 diadakan di Singapura dan Thailand dan kembali dijuarai Singapura.

Piala AFF 2010

  • Kejuaraan Sepak Bola ASEAN 2010, secara resmi bernama Piala Suzuki AFF 2010 karena masih disponsori oleh Suzuki,[1] akan diselenggarakan pada tanggal 1–29 Desember 2010.
  • Indonesia dan Vietnam akan menjadi tuan rumah babak penyisihan grup pada tanggal 1 hingga 7 Desember untuk Grup A dan 2 hingga 8 Desember untuk Grup B. Semifinal diselenggarakan dengan format kandang dan tandang dengan putaran pertama pada tanggal 15 dan 16 Desember 2010, dan putaran kedua pada tanggal 18 dan 19 Desember 2010. Final juga akan diselenggarakan dalam dua putaran pada tanggal 26 dan 29 Desember 2010.
  • Pada tanggal 17 Februari 2009, Vietnam mengumumkan ketertarikannya untuk menyelenggarakan Piala Suzuki AFF 2010 yang akan menjadi kejuaraan kedelapan yang diselenggarakan. Pada tanggal 21 April 2009, koran berbahasa Vietnam VietNamNet mengumumkan bahwa Vietnam akan menyelenggarakan kejuaraan tersebut bersama dengan Indonesia.
  • Tempat penyelenggaraan : 4 stadion di 3 kota di Indonesia dan Vietnam menjadi tempat penyelenggaraan babak penyisihan grup turnamen edisi ini.
  • Awalnya, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung dipilih sebagai pendamping Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai tempat penyelenggaraan penyisihan grup A. Namun pada 24 November 2010, diumumkan bahwa Stadion Si Jalak Harupat digantikan oleh Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang setelah diadakannya pertemuan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) pada pekan sebelumnya.
  • Juga, Stadion Hàng Đẫy di Hanoi awalnya juga dipilih sebagai pendamping Stadion Nasional Mỹ Đình sebagai tempat penyelenggaran penyisihan grup B. Namun pada 22 November 2010, diumumkan bahwa Stadion Hàng Đẫy digantikan oleh Stadion Thiên Trường di Nam Định karena Stadion Hàng Đẫy tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sampai batas waktu penyelenggaraan turnamen

 

Pencetak gol terbanyak

1996 7 gol Natipong Sritong-In (Thailand)
1998 4 gol Myo Hlaing Win (Myanmar)
2000 5 gol Gendut Dony Christiawan (Indonesia) dan Worrawoot Srimaka (Thailand)
2002 8 gol Bambang Pamungkas (Indonesia)
2004 7 gol Ilham Jaya Kesuma (Indonesia
2007 10 gol Mohd Noh Alam Shah (Singapura)
2008 4 gol Budi Sudarsono (Indonesia), Agu Casmir (Singapura), dan Teerasil Dangda (Thailand

Sumber : wikpedia dari masaa ke masa

 

Artikel terkait lainnya

Supported By :

Sandiaz Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

“PUPUK MINAT BACA ANAK DAN REMAJA INDONESIA SEJAK DINI”. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA”.

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com https://mediaanakindonesia.wordpress.com/

Copyright 2010. Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved

www.korananakindonesia.com

https://mediaanakindonesia.files.wordpress.com/2010/12/img00055-20101205-1659.jpg?w=291&h=218Supported by : KORANDO – Koran Anak Indonesia. Yudhasmara Foundation. “Pupuk Minat baca Anak sejak Dini. Membaca adalah investasi paling kokoh bagi masa depan perkembangan moral dan intelektual anak. “SELAMATKAN MINAT BACA ANAK INDONESIA” Editor in Chief: Audi Yudhasmara. Co-editor: Sandiaz Yudhasmara. Foundation Director : Dr Widodo judarwanto pediatrician. Publisher : Narulita dewi. Editor: Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin. Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General support : Prabuningrat, Sis Wahyudi, Vavan Prayudha, Editor in Chief : Audi Yudhasmara. Reporter : Audi Yudhasmara. Sandiaz Yudhasmara, Nanda Prawira. Marketing : Elvareta Alphanandia Andelin. Design-Multi media : Santana Arif. Data-Dokumentasi : Ariani Santika. Finance : Julia Firdausi. General Support : Prabuningrat, Sis Wahyudi.. Address: Menteng Square AR 20 Jln Matraman 30 Jakarta Pusat. Phone: 021-29614252 – 08131592-2012 – 08131592-2013 Mobil Phone: 089690509906 email : judarwanto@gmail.com http://korananakindonesia.com/ Komunikasi facebook: Koran Anak Indonesia

Copyright 2016. Koran Anak Indonesia Network Information Education Network. All rights reserved


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s